Jum'at, 07 September 2012 , 08:38:00


BALIKPAPAN—Data jumlah penduduk tetap Balikpapan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan hingga akhir bulan Agustus 2012 lalu mencapai 633.781 jiwa. Jika dibandingkan dengan data penduduk beberapa bulan sebelumnya terdapat kenaikan jumlah penduduk mencapai dua ribu lima ratus lebih.

“Pertambahan jumlah penduduk yang ada di Balikpapan, salah satunya karena mudahnya warga pendatang menjadi penduduk tetap, selain hanya mempersyaratkan surat pindah dari daerah asal, syarat harus bekerja tetap juga tidak lagi menjadi syarat mutlak,” ujar Drs H Chairil Anwar, Kepala Disdukcapil, didampingi Kabid Kependudukan Disducapil, Drs Arif Fadhilah kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dari data bulan April ke bulan Mei terdapat pertambahan warga 2150 jiwa, di bulan Juni terdapat peningkatan menjadi 2617 jiwa, di bulan Juli terjadi peningkatan menjadi 2717 jiwa dan Agustus mencapai 2542 jiwa terjadi penurunan. “Jika diakumulasi dan dibagi rata-rata saja terdapat angka 2500 jiwa per bulannya,” tambah Arif kembali.

 Dijelaskannya, sejak Perda Kependudukan nomor 22 tahun 2002 diubah menjadi Perda nomor 5 tahun 2012, yang semula persyaratan kepada penduduk pendatang harus memberikan uang jaminan sesuai daerah asal, sejak Mei lalu tidak berlaku lagi.

“Karena Perda nomor 5 tahun 2012 terjadi perubahan tentang administrasi kependudukan, perubahan mendasar lainnya yaitu penduduk pendatang tidak ada masa untuk menjadi penduduk tetap, dan tidak ada uang jaminan,” terang Arif.

Sehingga penduduk pendatang yang memenuhi persyaratan dengan surat pindah dari daerah asal, SKCK dari kepolisian juga surat keterangan keluarga yang menjadi penjamin, proses KTP tetap mereka dapat selesai sekitar seminggu.

“Setelah selesai, nantinya data penduduk tetap ini akan dimasukkan dalam data Kecamatan, dan mereka dapat ikut serta dalam perekaman e KTP yang ada di Balikpapan,” jelas Arif yang pernah menjadi Lurah Prapatan ini.

Untuk itulah warga yang melengkapi persyaratan surat pindah, SKCK dan kalau memiliki surat keterangan bekerja ini tentunya dapat menjadi warga tetap Balikpapan.

 “Jadi sejak berubahnya peraturan yang ada membuat semakin mudah menjadi warga Balikpapan, sebab tidak lagi harus menyetorkan uang jaminan, dan setelah enam bulan harus memiliki pekerjaan tetap di Balikpapan,” jelasnya.

 Terkait dengan warga yang mengurus KTP sementara sebelum bulan Mei, sesuai aturan Perwali nomor 26 tahun 20012 tentang peralihan status penduduk sementara dan uang jaminan mereka tetap harus menunggu selama 6 bulan dan tetap menyetorkan uang jaminan. “Tetapi bagi warga yang mengurus KTP tetap setelah bulan Mei diberlakukan ketentuan baru tadi,” pungkasnya.(han)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 08:08:00

Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya

BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase kawasan Jl Pelita Kelurahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan. Limbah b ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:07:00

Bentor Dilarang Beroperasi

BALIKPAPAN- Pihak Polres melarang adanya angkutan penumpang  becak motor  yang biasa disebut warga bentor, untuk beroperasi di Kota Minyak ini. Pasalnya, ben ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:06:00

Konversi BBM ke BBG Belum Jelas

BALIKPAPAN – Kendati pembangunan 2 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Kota Minyak ini sudah rampung yakni di Jl Pattimura, Kelurahan Batu Ampar dan ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:05:00

1 Parpol Belum Melapor Dana Kampanye Tahap Ketiga

BALIKPAPAN—Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 sudah dilaksanakan Rabu, 9 April lalu. Bahkan, 45 calon anggota legislatif (caleg) memperoleh suara terbanyak dan berpe ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:04:00

Keluhan Buruknya Pelayanan Publik

SAMARINDA–Pelayanan publik yang buruk sering dikeluhkan masyarakat di Kaltim diantaranya pelayanan listrik dan perizinan. Menurut anggota Komisi IV DPRD Kaltim Z ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1