Jum'at, 07 September 2012 , 08:38:00


BALIKPAPAN—Data jumlah penduduk tetap Balikpapan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan hingga akhir bulan Agustus 2012 lalu mencapai 633.781 jiwa. Jika dibandingkan dengan data penduduk beberapa bulan sebelumnya terdapat kenaikan jumlah penduduk mencapai dua ribu lima ratus lebih.

“Pertambahan jumlah penduduk yang ada di Balikpapan, salah satunya karena mudahnya warga pendatang menjadi penduduk tetap, selain hanya mempersyaratkan surat pindah dari daerah asal, syarat harus bekerja tetap juga tidak lagi menjadi syarat mutlak,” ujar Drs H Chairil Anwar, Kepala Disdukcapil, didampingi Kabid Kependudukan Disducapil, Drs Arif Fadhilah kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dari data bulan April ke bulan Mei terdapat pertambahan warga 2150 jiwa, di bulan Juni terdapat peningkatan menjadi 2617 jiwa, di bulan Juli terjadi peningkatan menjadi 2717 jiwa dan Agustus mencapai 2542 jiwa terjadi penurunan. “Jika diakumulasi dan dibagi rata-rata saja terdapat angka 2500 jiwa per bulannya,” tambah Arif kembali.

 Dijelaskannya, sejak Perda Kependudukan nomor 22 tahun 2002 diubah menjadi Perda nomor 5 tahun 2012, yang semula persyaratan kepada penduduk pendatang harus memberikan uang jaminan sesuai daerah asal, sejak Mei lalu tidak berlaku lagi.

“Karena Perda nomor 5 tahun 2012 terjadi perubahan tentang administrasi kependudukan, perubahan mendasar lainnya yaitu penduduk pendatang tidak ada masa untuk menjadi penduduk tetap, dan tidak ada uang jaminan,” terang Arif.

Sehingga penduduk pendatang yang memenuhi persyaratan dengan surat pindah dari daerah asal, SKCK dari kepolisian juga surat keterangan keluarga yang menjadi penjamin, proses KTP tetap mereka dapat selesai sekitar seminggu.

“Setelah selesai, nantinya data penduduk tetap ini akan dimasukkan dalam data Kecamatan, dan mereka dapat ikut serta dalam perekaman e KTP yang ada di Balikpapan,” jelas Arif yang pernah menjadi Lurah Prapatan ini.

Untuk itulah warga yang melengkapi persyaratan surat pindah, SKCK dan kalau memiliki surat keterangan bekerja ini tentunya dapat menjadi warga tetap Balikpapan.

 “Jadi sejak berubahnya peraturan yang ada membuat semakin mudah menjadi warga Balikpapan, sebab tidak lagi harus menyetorkan uang jaminan, dan setelah enam bulan harus memiliki pekerjaan tetap di Balikpapan,” jelasnya.

 Terkait dengan warga yang mengurus KTP sementara sebelum bulan Mei, sesuai aturan Perwali nomor 26 tahun 20012 tentang peralihan status penduduk sementara dan uang jaminan mereka tetap harus menunggu selama 6 bulan dan tetap menyetorkan uang jaminan. “Tetapi bagi warga yang mengurus KTP tetap setelah bulan Mei diberlakukan ketentuan baru tadi,” pungkasnya.(han)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:45:00

BERKUALITAS

BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing dengan sejumlah sekolah negeri favorit di ‘Kota Minyak’. ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:43:00

Antisipasi Siswa Titipan

BALIKPAPAN-Untuk menghindari adanya siswa titipan yang dilakukan anggota DPRD dan oknum tertentu  dalam setiap pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Kuncinya ora ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:42:00

Jangan Sepelekan Peran Sekolah Swasta

BALIKPAPAN-Agar kualitas sekolah swasta dan negeri di Kota Minyak menjadi merata, perlu sinergi atau kerjasama antara kedua sekolah sehingga saat Penerimaan Peserta Di ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:41:00

Stakeholder Pendidikan Harus Bersinergi

BALIKPAPAN-Permasalahan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) diperkirakan akan terus terjadi di ‘Kota Minyak’ tahun 2015 mendatang. Pemkot diharapkan dapa ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:40:00

Kualitas Sekolah Swasta Tidak Kalah dengan Negeri

BALIKPAPAN-Sudah saatnya sekolah swasta melakukan pembenahan terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap tahun. Hal ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1