Jum'at, 07 September 2012 , 08:38:00


BALIKPAPAN—Data jumlah penduduk tetap Balikpapan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan hingga akhir bulan Agustus 2012 lalu mencapai 633.781 jiwa. Jika dibandingkan dengan data penduduk beberapa bulan sebelumnya terdapat kenaikan jumlah penduduk mencapai dua ribu lima ratus lebih.

“Pertambahan jumlah penduduk yang ada di Balikpapan, salah satunya karena mudahnya warga pendatang menjadi penduduk tetap, selain hanya mempersyaratkan surat pindah dari daerah asal, syarat harus bekerja tetap juga tidak lagi menjadi syarat mutlak,” ujar Drs H Chairil Anwar, Kepala Disdukcapil, didampingi Kabid Kependudukan Disducapil, Drs Arif Fadhilah kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dari data bulan April ke bulan Mei terdapat pertambahan warga 2150 jiwa, di bulan Juni terdapat peningkatan menjadi 2617 jiwa, di bulan Juli terjadi peningkatan menjadi 2717 jiwa dan Agustus mencapai 2542 jiwa terjadi penurunan. “Jika diakumulasi dan dibagi rata-rata saja terdapat angka 2500 jiwa per bulannya,” tambah Arif kembali.

 Dijelaskannya, sejak Perda Kependudukan nomor 22 tahun 2002 diubah menjadi Perda nomor 5 tahun 2012, yang semula persyaratan kepada penduduk pendatang harus memberikan uang jaminan sesuai daerah asal, sejak Mei lalu tidak berlaku lagi.

“Karena Perda nomor 5 tahun 2012 terjadi perubahan tentang administrasi kependudukan, perubahan mendasar lainnya yaitu penduduk pendatang tidak ada masa untuk menjadi penduduk tetap, dan tidak ada uang jaminan,” terang Arif.

Sehingga penduduk pendatang yang memenuhi persyaratan dengan surat pindah dari daerah asal, SKCK dari kepolisian juga surat keterangan keluarga yang menjadi penjamin, proses KTP tetap mereka dapat selesai sekitar seminggu.

“Setelah selesai, nantinya data penduduk tetap ini akan dimasukkan dalam data Kecamatan, dan mereka dapat ikut serta dalam perekaman e KTP yang ada di Balikpapan,” jelas Arif yang pernah menjadi Lurah Prapatan ini.

Untuk itulah warga yang melengkapi persyaratan surat pindah, SKCK dan kalau memiliki surat keterangan bekerja ini tentunya dapat menjadi warga tetap Balikpapan.

 “Jadi sejak berubahnya peraturan yang ada membuat semakin mudah menjadi warga Balikpapan, sebab tidak lagi harus menyetorkan uang jaminan, dan setelah enam bulan harus memiliki pekerjaan tetap di Balikpapan,” jelasnya.

 Terkait dengan warga yang mengurus KTP sementara sebelum bulan Mei, sesuai aturan Perwali nomor 26 tahun 20012 tentang peralihan status penduduk sementara dan uang jaminan mereka tetap harus menunggu selama 6 bulan dan tetap menyetorkan uang jaminan. “Tetapi bagi warga yang mengurus KTP tetap setelah bulan Mei diberlakukan ketentuan baru tadi,” pungkasnya.(han)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:00:00

Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis

BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tarif listrik kepada PLN. Pasalnya, para pedagang yang banyak berjualan ba ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:58:00

Pengawasan Travel Haji Diperketat

BALIKPAPAN-Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan reformasi birokrasi terhadap travel-travel penyelenggara haji di Balikpapan agar tidak ada lagi calon jamaah haji ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:57:00

Pagi Ini, Pemkot Peringati Hari Kesaktian Pancasila

BALIKPAPAN-Untuk mengenang tragedi penghianatan terhadap Pancasila, maka Pemkot akan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor balaikota ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:57:00

10 Oktober, Futsal Junior dan Lomba Mewarnai

BALIKPAPAN-Turnamen Futsal Junior Competition tingkat TK atau PAUD akan digelar Balikpapan Pos 10-12 Oktober 2014 di halaman parkir Rapak Plaza, Jl Soekarno Hatta. Rud ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:55:00

Bahaya Bakteri, Pembagian Daging Jangan Lewat 4 Jam

Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan kembali melakukan sosialisasi tentang tata cara penyembelihan hewan qurban yang aman, sehat, utuh dan hal ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, ...
Other
 
Metropolis
Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis
BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tari ...
Other
 
Kecamatan
Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah
BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1