Jum'at, 14 September 2012 , 08:36:00


PENDIDIKAN merupakan hak dan kewajiban warga negara dan bangsa Indonesia pada umumnya yang di peruntukkan bagi kita semua oleh sebab itu maka jangan sampai keluarga kita dan anak didik kita tidak  bisa sekolah.

Sebagai insan biasa kita mempunyai kewajiban moral dan bertanggung jawab dalam memajukan pendidikan baik dilingkungan keluarga sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Adapun peranan kepala sekolah dalam memajukan pendidikan di sekolah banyak cara dan kiat yang bisa dilakukan, kiat –kiat tersebut diantaranya adalah:

                1. Memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar prestasi belajar siswa dapat meningkat

                   Menjadi lebih yang kita harapkan.

                2. Mengajak kepada seluruh dewan guru beserta staf dan karyawan di sekolah untuk

                   Bersama-sama dalam memajukan pendidikan di sekolah yang kita pimpin.

                3. Membuat program perencanaan dalam mengembangkan dan memajukan sekolah yang

                  Dilakukan bersama-sama.

                4. Menjalin kerja sama dengan komite sekolah, orang tua wali murid dan stake holder

                   Dalam memajukan pendidikan di sekolah

                5. Menjalin kerja sama dengan seluruh instansi pemerintahan dan juga dari pihak swasta

                   Sebagai sumbangsih atau masukan atau nara sumber dalam memajukan pendidikan di

                   sekolah.

                6. Menyiap segala fasilitas baik yang berupa sarana dan prasarana demi memajukan

                    Peserta didik kita dalam mencapai suatu tujuan prestasi yang diharapkan dari semua

                     Pihak baik dari sekolah, oran tua wali murid maupun dari masyarakat yang sangat luas

                     Dan sebagainya.

Masih banyak cara yang dapat dikembangkan dalam rangka untuk mengembangkan sekolah bisa  menjadi lebih maju dan berprestasi menjadi  lebih baik, hal ini dapat terjadi dan dapat terwujud dengan baik tentunya harus didukung dari seluruh komponen yang terkecil hingga komponen yang terbesar dalam memajukan sekolah yang berprestasi dan sekolah yang  dapat di dambakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sekolah yang baik dan kondusif adalah sekolah yang banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat dari lapisan masyarakat bawah hingga lapisan masyarakat yang paling atas, hal ini terbukti dari animo masyarakat pada saat penerimaan siswa baru yang begitu membeludak yang tak dapat tertampung dengan kondisi ruangan kelas yang sangat terbatas.

Kenyataan yang kita hadapi dilapangan bahwa masyarakat yang berduyun-duyun saat saat mendaftarkan putra dan putrinya diu sekolah ini yang sangat penuh dan sesak dari lebih ribuan orang yang dapat kita terima kurang lebih hanya sepertiga jumlah pendaftar yang ada.

Selain dari pada itu  bantuan orang tua wali murid di dalam lingkungan keluarga sangat diharapkan dalam memajukan prestasi anak-anaknya jangan sampai anak-anaknya gagal dalam menempuh pendidikan yang akan dicapai menurut jenjang  pendidikan yang dilaksanakan.

Tentunya hal semacam ini perlu adanya kebersamaan dari seluruh warga disekolah untuk mewujudkan tercapainya suatu tujuan agar prestasi anak didik kita benar-benar dapat terbukti menjadi kenyataan yang sebenarnya.

Sekolah dibawah lindungan dan naungan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan yang juga sebagai aset dari Pemkot Balikpapan merupakan pusat sumber daya manusia yang dapat kita siapkan sebagai pengisi kebutuhan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan dari berbagai perusahaan swasta, BUMN dan juga Instansi Pemerintahan merupakan hal yang sangat penting kita bangun bersama dari seluruh pihak.

Seorang Top Management atau seorang pemimpin tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung dari semua pihak dalam memajukan suatu pendidikan yang berada di sekolah, maka perlu adanya kebersamaan dalam mencapai tujuan  yang sudah direncanakan  atau ditetapkan.

Dan pada akhirnya dapatlah kita simpilkan sebagai berikut :

-          Suatu sekolah bisa menjadi maju dan berprestasi jika dari seluruh komponen warga sekolah  mempunyai kebersamaan dalam memajukan sekolah.

-          Prestasi anak didik kita dapat dicapai dan diwujudkan dengan baik jika  lingkungan sekolah    sangat kondusif dan semua fasilitas dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh siswa.

-          Sekolah akan menjadi dambaan seluruh  masyarakat jika semua komponen yang ada didalamnya mempunyai suatu tanggungjawab secara bersama untuk mencapai suatu tujuan.(***/are)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 19 April 2014 , 07:25:00

Masyarakat Antusias Buka Usaha

BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. Lihat saja di kawasan Mekar Sari roda perekonomian dapat berjalan dan b ...

Sabtu, 19 April 2014 , 07:24:00

Janji Perjuangkan Aspirasi Masyarakat dan Lingkungan

BALIKPAPAN – Jalannya rekapitulasi perolehan suara (pleno) baru-baru ini di aula Kelurahan Sumber Rejo, mendapatkan perhatian salah satu caleg dari PDI-P dapil B ...

Sabtu, 19 April 2014 , 07:23:00

Kerja Keras PPS Mengawal Pleno

BALIKPAPAN – Masa pencoblosan pemilihan legislatif (pileg) hingga penarikan kotak suara yang sudah terisi surat suara melibatkan kerja keras segenap anggota PPS ...

Sabtu, 19 April 2014 , 07:22:00

GSmB Bagikan SPPT PBB

BALIKPAPAN – Guna mendukung kewajiban pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB), belum lama ini Dispenda Kota Balikpapan telah menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak T ...

Sabtu, 19 April 2014 , 07:21:00

Penghuni Kost dan Kontrakan Wajib Lapor RT

BALIKPAPAN - Buntut dari tingginya tingkat Kriminalitas dan tindakan Asusila yang belakangan marak terjadi di kota Balikpapan, khususnya di wilayah Balikpapan Utara ma ...

 
SUPER LIGA
Pantang Terpeleset
LONDON - Empat laga terakhir di Premier League tak ubahnya laga final bagi Chelsea. Ketinggalan d ...
Other
 
Kaltim
Mencapai 234 Peserta
PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak ...
Other
 
Metropolis
Peresmian Terminal Baru Bandara Tak Jelas
BALIKPAPAN – Terminal baru bandara Sepinggan yang telah beroperasi 22 Maret lalu, namun sam ...
Other
 
Kecamatan
Masyarakat Antusias Buka Usaha
BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. L ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1