Jum'at, 14 September 2012 , 08:36:00


PENDIDIKAN merupakan hak dan kewajiban warga negara dan bangsa Indonesia pada umumnya yang di peruntukkan bagi kita semua oleh sebab itu maka jangan sampai keluarga kita dan anak didik kita tidak  bisa sekolah.

Sebagai insan biasa kita mempunyai kewajiban moral dan bertanggung jawab dalam memajukan pendidikan baik dilingkungan keluarga sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Adapun peranan kepala sekolah dalam memajukan pendidikan di sekolah banyak cara dan kiat yang bisa dilakukan, kiat –kiat tersebut diantaranya adalah:

                1. Memberikan motivasi kepada seluruh siswa agar prestasi belajar siswa dapat meningkat

                   Menjadi lebih yang kita harapkan.

                2. Mengajak kepada seluruh dewan guru beserta staf dan karyawan di sekolah untuk

                   Bersama-sama dalam memajukan pendidikan di sekolah yang kita pimpin.

                3. Membuat program perencanaan dalam mengembangkan dan memajukan sekolah yang

                  Dilakukan bersama-sama.

                4. Menjalin kerja sama dengan komite sekolah, orang tua wali murid dan stake holder

                   Dalam memajukan pendidikan di sekolah

                5. Menjalin kerja sama dengan seluruh instansi pemerintahan dan juga dari pihak swasta

                   Sebagai sumbangsih atau masukan atau nara sumber dalam memajukan pendidikan di

                   sekolah.

                6. Menyiap segala fasilitas baik yang berupa sarana dan prasarana demi memajukan

                    Peserta didik kita dalam mencapai suatu tujuan prestasi yang diharapkan dari semua

                     Pihak baik dari sekolah, oran tua wali murid maupun dari masyarakat yang sangat luas

                     Dan sebagainya.

Masih banyak cara yang dapat dikembangkan dalam rangka untuk mengembangkan sekolah bisa  menjadi lebih maju dan berprestasi menjadi  lebih baik, hal ini dapat terjadi dan dapat terwujud dengan baik tentunya harus didukung dari seluruh komponen yang terkecil hingga komponen yang terbesar dalam memajukan sekolah yang berprestasi dan sekolah yang  dapat di dambakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sekolah yang baik dan kondusif adalah sekolah yang banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat dari lapisan masyarakat bawah hingga lapisan masyarakat yang paling atas, hal ini terbukti dari animo masyarakat pada saat penerimaan siswa baru yang begitu membeludak yang tak dapat tertampung dengan kondisi ruangan kelas yang sangat terbatas.

Kenyataan yang kita hadapi dilapangan bahwa masyarakat yang berduyun-duyun saat saat mendaftarkan putra dan putrinya diu sekolah ini yang sangat penuh dan sesak dari lebih ribuan orang yang dapat kita terima kurang lebih hanya sepertiga jumlah pendaftar yang ada.

Selain dari pada itu  bantuan orang tua wali murid di dalam lingkungan keluarga sangat diharapkan dalam memajukan prestasi anak-anaknya jangan sampai anak-anaknya gagal dalam menempuh pendidikan yang akan dicapai menurut jenjang  pendidikan yang dilaksanakan.

Tentunya hal semacam ini perlu adanya kebersamaan dari seluruh warga disekolah untuk mewujudkan tercapainya suatu tujuan agar prestasi anak didik kita benar-benar dapat terbukti menjadi kenyataan yang sebenarnya.

Sekolah dibawah lindungan dan naungan Dinas Pendidikan Kota Balikpapan yang juga sebagai aset dari Pemkot Balikpapan merupakan pusat sumber daya manusia yang dapat kita siapkan sebagai pengisi kebutuhan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan dari berbagai perusahaan swasta, BUMN dan juga Instansi Pemerintahan merupakan hal yang sangat penting kita bangun bersama dari seluruh pihak.

Seorang Top Management atau seorang pemimpin tidak dapat bekerja sendiri tanpa didukung dari semua pihak dalam memajukan suatu pendidikan yang berada di sekolah, maka perlu adanya kebersamaan dalam mencapai tujuan  yang sudah direncanakan  atau ditetapkan.

Dan pada akhirnya dapatlah kita simpilkan sebagai berikut :

-          Suatu sekolah bisa menjadi maju dan berprestasi jika dari seluruh komponen warga sekolah  mempunyai kebersamaan dalam memajukan sekolah.

-          Prestasi anak didik kita dapat dicapai dan diwujudkan dengan baik jika  lingkungan sekolah    sangat kondusif dan semua fasilitas dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh siswa.

-          Sekolah akan menjadi dambaan seluruh  masyarakat jika semua komponen yang ada didalamnya mempunyai suatu tanggungjawab secara bersama untuk mencapai suatu tujuan.(***/are)

 
OTHER NEWS
Rabu, 23 Juli 2014 , 12:07:00

Jalan Km 1,5 “Direbonding”

BALIKPAPAN-Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu lagi khawatir saat melintas di jalan keriting Km 1,5 hingga depan kantor Kelurahan Muara Rapak. Mulai Selasa (22/7) ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:03:00

Harga Sejumlah Komoditas Naik

BALIKPAPAN-Menjelang tibanya Idul Fitri, sejumlah harga komoditas di pasar tradisional Muara Rapak mulai naik. Telur misalkan, kenaikannya mencapai Rp3000 dibandingkan ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:01:00

Rehab Taman Melawai II Rampung

BALIKPAPAN - Ruang terbuka hijau (RTH) wilayah kecamatan Balikpapan Selatan semakin banyak saja. Setelah ada Taman Tiga Generasi di Sepinggan Baru dan Taman Lalu Linta ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:00:00

Demi Kamtibmas, Rutin Pantau Poskamling

BALIKPAPAN - Bukan demi hanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca pemilihan presiden (pilpres) 2014, Kasi Trantib dan Lingkungan Hidup Sepingg ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 11:59:00

Showroom Motor Bekas Sepi Pembeli

BALIKPAPAN–Agar dapat tetap bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat memasuki masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1435 hijriah, sebagian warga Balikpapan mencari ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan
PENAJAM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan upacara memperin ...
Other
 
Metropolis
SEMRAWUT
BALIKPAPAN- Byarpet atau pemadaman listrik di Kota Balikpapan kerap terjadi. Hal ini tentunya ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Km 1,5 “Direbonding”
BALIKPAPAN-Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu lagi khawatir saat melintas di jalan keriting ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1