Kamis, 30 Mei 2013 , 09:11:00


KEJAR TARGET : Meski sempat molor karena beberapa hal, manajemen Angkasa Pura tetap optimis pekerjaan perluasan Bandara Sepinggan selesai sesuai target pada Oktober mendatang. Tampak maket bandara jika rampung Oktober nanti.

BALIKPAPAN-Meski mengalami keterlambatan dari target realisasi semula, proyek pembangunan dan perluasan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan terus dikebut. Saat ini, terhitung sejak pertengahan Mei, realisasi pembangunan sudah mencapai 73 persen. Artinya, masih tersisa 17 persen pengerjaan lagi sebelum target selesai pada Oktober mendatang.

“Tapi kami target sesuai schedule Oktobe, semua kegiatan proyek sudah rampung. Karena masih tersisa sekitar 5 bulan lagi, kami harapkan rampung,” kata Humas Proyek Bandara Perluasan Bandara Internasional Sepinggan (PPBIS) Agus Rahadrjo kepada Balikpapan Pos, Rabu (29/5) kemarin.

Menurutnya, dari tiga paket proyek yang dikerjakan, khusus paket pertama senilai Rp129,6 miliar yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya Tbk sudah rampung 100 persen yang meliputi pembangunan kantor managemen Angkasa Pura I, hanggar pesawat, terminal kargo, dan gedung Ekspedisi Muatan Perjalanan Udara (EMPU). “Jadi untuk paket pertama sudah rampung sejak Januari lalu, tinggal paket dua dan paket tiga yang masih dikerjakan,” ucapnya.

Sedangkan progres paket kedua dengan nilai Rp1,12 triliun, yang meliputi pembangunan gedung terminal utama dan fasilitas penunjang lainnya dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri dari PT Wijaya Karya Tbk,  PT Adhi Karya Tbk dan PT Pembangunan Perumahan Tbk sejauh ini baru terealisasi 71 persen dari rencana target 90 persen pengerjaan proyek.

Sementara progres paket tiga senilai Rp252,9 miliar yang meliputi pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang berupa pembangunan gedung parkir, fly over dan infrastruktur, acces road, apron, garbarata, fuel system yang dikerjakan oleh PT Istaka Karya (Persero) dan PT Jaya Konstruksi Manggala Utama Tbk baru terealisasi 71 persen dari rencana target 91 persen.

“Ada beberapa pekerjaan yang molor karena akumulasi keterlambatan sejak awal. Jadi, waktu pekerjaan sekarang yang terbeban waktunya. Tetapi, ada beberapa pekerjaan yang sesuai target, bahkan yang selesai sebelum target juga ada,” bebernya.

Meski masih sering hujan, namun kata Agus, tidak mempengaruhi pengerjaan proyek. Sebab  pembanguna tengah memasuki tahap interior. “Kalau hujan tidak menganggu karena atap baja terminal utama dan bangunan penunjang lainnya sudah terpasang, walau memang sempat ada kendala sedikit. Tetapi sudah terpasang atap jadi bisa dikerjakan, walau hujan,” sebutnya.

Bandara juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang modern, di antaranya baggage handling system yang memakai shorter conveyor dengan barcode reader dan sistem operasi terminal menggunakan Airport Integrated Master System (AIMS).

Bandara Internasional Sepinggan diproyeksikan menjadi bandara dengan terminal penumpang terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali karena luas terminalnya mencapai 110.000 M2 atau 10 kali lipat dari sebelumnya.

Perluasan bandara tersebut penting, karena mengingat pertumbuhan penumpang yang terus meningkat atau sekitar 13 persen rata-rata setiap tahun. Bahkan pada tahun 2012 lalu, jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui bandara mencapai 6,6 juta. Ditargetkan tahun 2019 jumlah penumpang mencapai 10 juta orang hilir mudik di bandara terbesar ketiga di tanah air. “Kalau investasi secara keseluruhan pembangunan perluasan bandara ini sekitar Rp1,6 triliun,” pungkas Agus Rahardjo.(rus)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:45:00

BERKUALITAS

BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing dengan sejumlah sekolah negeri favorit di ‘Kota Minyak’. ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:43:00

Antisipasi Siswa Titipan

BALIKPAPAN-Untuk menghindari adanya siswa titipan yang dilakukan anggota DPRD dan oknum tertentu  dalam setiap pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Kuncinya ora ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:42:00

Jangan Sepelekan Peran Sekolah Swasta

BALIKPAPAN-Agar kualitas sekolah swasta dan negeri di Kota Minyak menjadi merata, perlu sinergi atau kerjasama antara kedua sekolah sehingga saat Penerimaan Peserta Di ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:41:00

Stakeholder Pendidikan Harus Bersinergi

BALIKPAPAN-Permasalahan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) diperkirakan akan terus terjadi di ‘Kota Minyak’ tahun 2015 mendatang. Pemkot diharapkan dapa ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:40:00

Kualitas Sekolah Swasta Tidak Kalah dengan Negeri

BALIKPAPAN-Sudah saatnya sekolah swasta melakukan pembenahan terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap tahun. Hal ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1