Kamis, 30 Mei 2013 , 09:11:00


KEJAR TARGET : Meski sempat molor karena beberapa hal, manajemen Angkasa Pura tetap optimis pekerjaan perluasan Bandara Sepinggan selesai sesuai target pada Oktober mendatang. Tampak maket bandara jika rampung Oktober nanti.

BALIKPAPAN-Meski mengalami keterlambatan dari target realisasi semula, proyek pembangunan dan perluasan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan terus dikebut. Saat ini, terhitung sejak pertengahan Mei, realisasi pembangunan sudah mencapai 73 persen. Artinya, masih tersisa 17 persen pengerjaan lagi sebelum target selesai pada Oktober mendatang.

“Tapi kami target sesuai schedule Oktobe, semua kegiatan proyek sudah rampung. Karena masih tersisa sekitar 5 bulan lagi, kami harapkan rampung,” kata Humas Proyek Bandara Perluasan Bandara Internasional Sepinggan (PPBIS) Agus Rahadrjo kepada Balikpapan Pos, Rabu (29/5) kemarin.

Menurutnya, dari tiga paket proyek yang dikerjakan, khusus paket pertama senilai Rp129,6 miliar yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya Tbk sudah rampung 100 persen yang meliputi pembangunan kantor managemen Angkasa Pura I, hanggar pesawat, terminal kargo, dan gedung Ekspedisi Muatan Perjalanan Udara (EMPU). “Jadi untuk paket pertama sudah rampung sejak Januari lalu, tinggal paket dua dan paket tiga yang masih dikerjakan,” ucapnya.

Sedangkan progres paket kedua dengan nilai Rp1,12 triliun, yang meliputi pembangunan gedung terminal utama dan fasilitas penunjang lainnya dikerjakan oleh konsorsium yang terdiri dari PT Wijaya Karya Tbk,  PT Adhi Karya Tbk dan PT Pembangunan Perumahan Tbk sejauh ini baru terealisasi 71 persen dari rencana target 90 persen pengerjaan proyek.

Sementara progres paket tiga senilai Rp252,9 miliar yang meliputi pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang berupa pembangunan gedung parkir, fly over dan infrastruktur, acces road, apron, garbarata, fuel system yang dikerjakan oleh PT Istaka Karya (Persero) dan PT Jaya Konstruksi Manggala Utama Tbk baru terealisasi 71 persen dari rencana target 91 persen.

“Ada beberapa pekerjaan yang molor karena akumulasi keterlambatan sejak awal. Jadi, waktu pekerjaan sekarang yang terbeban waktunya. Tetapi, ada beberapa pekerjaan yang sesuai target, bahkan yang selesai sebelum target juga ada,” bebernya.

Meski masih sering hujan, namun kata Agus, tidak mempengaruhi pengerjaan proyek. Sebab  pembanguna tengah memasuki tahap interior. “Kalau hujan tidak menganggu karena atap baja terminal utama dan bangunan penunjang lainnya sudah terpasang, walau memang sempat ada kendala sedikit. Tetapi sudah terpasang atap jadi bisa dikerjakan, walau hujan,” sebutnya.

Bandara juga akan dilengkapi dengan fasilitas yang modern, di antaranya baggage handling system yang memakai shorter conveyor dengan barcode reader dan sistem operasi terminal menggunakan Airport Integrated Master System (AIMS).

Bandara Internasional Sepinggan diproyeksikan menjadi bandara dengan terminal penumpang terbesar ketiga di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Ngurah Rai Bali karena luas terminalnya mencapai 110.000 M2 atau 10 kali lipat dari sebelumnya.

Perluasan bandara tersebut penting, karena mengingat pertumbuhan penumpang yang terus meningkat atau sekitar 13 persen rata-rata setiap tahun. Bahkan pada tahun 2012 lalu, jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui bandara mencapai 6,6 juta. Ditargetkan tahun 2019 jumlah penumpang mencapai 10 juta orang hilir mudik di bandara terbesar ketiga di tanah air. “Kalau investasi secara keseluruhan pembangunan perluasan bandara ini sekitar Rp1,6 triliun,” pungkas Agus Rahardjo.(rus)

 
OTHER NEWS
Senin, 01 September 2014 , 10:09:00

ANGGUN DAN MENAWAN

BALIKPAPAN- Acara nonton bareng (Nobar) moto GP yang berlangsung di halaman parkir e-Walk Balikpapan Super Block (BSB) yang berlangsung Minggu (31/8) kemarin, dimeriah ...

Senin, 01 September 2014 , 10:08:00

2015, Groundbreaking Proyek Coastal Road

BALIKPAPAN-Ketua Panitia Tim Lelang Proyek  Coastal Road, Ir Freddy Oktavianus Nelwan berharap para investor yang bersaing menjadi pemenang lelang di setiap segme ...

Senin, 01 September 2014 , 10:07:00

Gedung Dewan Diusulkan Dibangun Baru

BALIKPAPAN- Kondisi bangunan gedung DPRD saat ini, dinilai sudah tidak layak lagi. Selain halaman parkirnya yang sempit, beberapa bagian bangunan juga telah mengalami ...

Senin, 01 September 2014 , 10:06:00

Rahmad Optimis Dewan Baru

BALIKPAPAN-Banyaknya anggota legislative Kota Balikpapan periode 2014-2019 yang masih berusia muda mendapat sambutan positif dari Ketua Forum Silaturahmi Takmir Masjid ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:18:00

TIDAK NYAMAN

BALIKPAPAN- Kemacetan sejumlah jalan protokol di Balikpapan semakin parah. Seperti terlihat di dua titik di Jl MT Haryono ini. Biasanya kemacetan terjadi saat karyawan ...

 
SUPER LIGA
Permainan Kasar, Aman dari Zona Degradasi
BALIKPAPAN- Plong! Itulah perasaan  para penggawa tim Persiba Balikpapan dan segenap pecinta ...
Other
 
Kaltim
Diikuti 80 Peserta
PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layan ...
Other
 
Metropolis
ANGGUN DAN MENAWAN
BALIKPAPAN- Acara nonton bareng (Nobar) moto GP yang berlangsung di halaman parkir e-Walk Balikpa ...
Other
 
Kecamatan
Wawali Beri Semangat Jalan Santai
BALIKPAPAN-Puncak peringatan HUT Kemerdekaan   RI ke-69 yang digekar di RT 53 Perumahan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1